Reinkarnasi atau Daur Ulang?

Hidup yang saya ketahui hanyalah satu kali, maka berbuat baiklah selagi hidup. Apakah benar seperti itu? ada kepercayaan yang mengatakan tentang ” Reinkarnasi ,” sedikit saya akan menjelaskan.

Reinkarnasi (dari bahasa Latin untuk “lahir kembali” atau “kelahiran semula”) atau t(um)itis, merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil perbuatannya terdahulu.

Terdapat dua aliran utama yaitu pertama,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan terus menerus lahir kembali. Kedua,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan berhenti lahir semula pada suatu ketika apabila mereka melakukan kebaikan yang mencukupi atau apabila mendapat kesadaran agung (Nirvana) atau menyatu dengan Tuhan (moksha). Agama Hindu menganut aliran yang kedua.

Nah apa sih yang melandasi pemikiran terhadap reinkarnasi tersebut? kepercayaan ini banyak dianut oleh beberapa kepercayaan, kepercayaan reinkarnasi ini dapat dijelaskan secara ilmu pengetahuan, bumi kita ini adalah dunia yang sempurna dan tak kurang akan suatu apa pun bahkan yang sudah mati pun tidak akan sia – sia. Kenapa bisa seperti itu? karena  makhluk hidup yang mati terproses bertahun – tahun bahkan berjuta tahun akan mengalami proses pelapukan dan penguraian dan akhirnya kembali menjadi unsur alam. Contoh binatang atau tumbuhan yang mati, dalam proses alam lama kelamaan dalam waktu yang tertentu akan hilang terurai kembali menjadi unsur alam dan kemudian dari sanalah muncul tumbuhan baru karena tanah tersebut menjadi subur, dan begitu pula dengan manusia yang mati terproses dan kembali menjadi unsur alam yang terserap dalam tanah, kemudian tumbuh rumput dimakan kambing dan kambing dimakan manusia. proses inilah yang kemudian menjadi landasan pemikiran tentang reinkarnasi, manusia percaya apabila habis waktu hidup seseorang namun jiwanya tidak, dan kemudian akan kembali ke alam dan menjelma menjadi makhluk hidup kembali walau dalam wujud yang berbeda.

Iklan

14 thoughts on “Reinkarnasi atau Daur Ulang?

    • yah seperti itu lah bung dan bagaimana orang dahulu mempercayai reinkarnasi berdasarkan daur ulang kehidupan dan kembali menjadi alam.
      wah boleh banyak tanya ke bro ryan nih 🙂

  1. singkat, padat, harus baca ulang. 😀
    kepercayaan akan kelahiran kembali ini sangat kembali lagi ke masing-masing orang. tapi penjelasan ilmiah tentang proses ‘daur ulang’ ini sangat menarik. something to think about bro. thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s