Abiogenesis

Barusan habis ngobrak abrik buku bilogi anak tetangga sebelah, nemuin hal yg menarik buat ditulis tentang asal kehidupan dari benda mati #langsung pulang tanpa pamit 🙂  Dari statement ini apakah kalian percaya kehidupan itu berawal dari benda mati? atau ada yg bertanya mana lebih dulu ayam atau telur? sampai sekarang saya masih memikirkan hal ini.

Makhluk hidup yang pertama kali ada di bumi setelah pendinginan terjadi adalah tumbuhan, kenapa tidak hewan atau manusia yang pertama kali sebagai makhluk hidup pertama di bumi? penjelasannya adalah karena tumbuhan adalah makhluk yg bisa tumbuh tanpa memerlukan bantuan makhluk hidup lainnya, maka setelah proses pendinginan beratus bahkan beribu tahun bumi mengalami pelapukan di permukaan dan membentuk tanah kemudian muncul tumbuhan.

Makhluk hidup berasal dari benda mati semisalnya seperti cacing berasal dari tanah atau ikan berasal dari lumpur, teori ini disebut sebagai teori Abiogenesis. Beberapa tokoh yang mempelopori teori ini adalah ;

Aristoteles, beliau mengatakan bahwa makhluk hidup tercipta dari benda mati secara spontan (generatio spontanea) misalnya cacing dari tanah, ikan dari lumpur dan sebagainya.

Menurut penganut paham abiogenesis, makhluk hidup tersebut terjadi begitu saja secara spontan. Itu sebabnya, teori abiogenesis ini disebut juga generation spontanea. Bila pengertian abiogenesis dan generation spontanea digabung, maka konsepnya menjadi: makhluk hidup yang pertama kali di bumi berasal dari benda mati / tak hidup yang terjadinya secara spontan (sebenarnya ini adalah dua teori yang berbeda, tetapi orang sudah kadung salah kaprah).

Paham abiogenesis bertahan cukup lama, yaitu semenjak zaman Yunani Kuno (ratusan tahun sebelum Masehi) hingga pertengahan abad ke-17, dimana Antonie Van Leeuwenhoek menemukan mikroskop sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati makhluk-makhluk aneh yang amat kecil yang terdapat pada setetes air rendaman jerami. Oleh para pendukung paham abiogenesis, hasil pengamatan Antonie Van Leeuwenhoek ini seolah-olah memperkuat pendapat mereka tentang abiogenesis. Hasil pengamatan Anthoni ditulisnya dalam sebuah catatan ilmiah yang diberi judul “Living in a drop of water“. Tokoh lain pendukung teori ini adalah John Needham.

Sampai pada akhirnya  LOUIS PASTEUR dengan melakukan percobaan menyempurnakan percobaan sebelumnya oleh Francesco Redi dan LAZZARO SPALLANZANI.

Pasteur menyempurnakan percobaan Redi dan Spallanzani. Ia menggunakan kaldu dalam labu yang  disumbat dengan gabus. Selanjutnya gabus tersebut ditembus dengan pipa berbentuk leher angsa (huruf S), kemudian dipanaskan. Setelah dingin dibiarkan beberapa hari kemudian diamati. Ternyata air kaldu tetap jernih dan tidak ditemukan mikroba.

Disain pipa yang berbentuk leher angsa tersebut memungkinkan masuknya gaya hidup dari udara, tetapi ternyata tidak didapati makhluk hidup dalam kaldu. Menurut Pasteur, mikroorganisme yang tumbuh dalam kaldu berasal dari udara. Mereka tidak bisa masuk karena terhambat oleh bentuk pipa. Hal ini bisa dibuktikan bila labu dimiringkan sedemikian rupa sehingga kaldu mengalir melalui pipa dan menyentuh ujung pipa, ternyata beberapa hari kemudian menyebabkan busuknya kaldu.

Dengan demikian Pasteur telah membuktikan bahwa teori biogenesislah yang benar. Muncullah ungkapan :

“ omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo, omne vivum ex vivo”

yang artinya: makhluk hidup berasal dari telur, telur berasal dari makhluk hidup, makhluk hidup berasal dari makhluk hidup.

Dari iseng dapat belajar dikit lah dari bocah tetangga sebelah rumah 🙂 *pergimembunuh

Iklan

13 thoughts on “Abiogenesis

  1. Kalau telur sama ayam duluan mana? Itu sering denger, bahkan konyol.
    Tapi kalau teori abiogenesis saya baru tahu dari blog ini, gan…
    Thanks banget penjelasannya, sangat bermanfaat buat nambah pengetahuan.
    Salam kenal sob

  2. hehe abiogenesis adalah teori tentang makhluk hidup berasal dari benda mati
    contoh: cacing berasal dari tanah (aristoteles) cacing = makhluk hidup, tanah= benda mati
    jadi anggapannya begini cacing hidup ditanah normalnya berarti dari sana jugalah mereka berasal 🙂 begitulah menurut teori abiogenesis 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s