True Story: Yang Bisa Jawab Saya Kasi A

Credit : Google

Ini kisah nyata yg saya angkat dari teman saya yg sedang mengikuti ujian akhir semester, sebelum saya bercerita terlebih dahulu siapkan tisu, makanan ringan, kopi, bahkan pasangan karena agak akan mengharu biru 🙂

“Selamat sore”

“Sudah siap untuk UAS hari ini?”

“Baiklah kalau begitu, saya tidak membawa kertas soal karena saya hanya akan melakukan aksi dan kalian harus menjawab apa yg terjadi”

Dengan sigap sang dosen menumpahkan minuman yg ada di atas mejanya dan berkata.

“Apa yg terjadi dengan gelas ini?”

Silahkan dijawab, inilah soal ujian kalian kali ini. Yg mampu menjawab dengan benar akan saya luluskan dengan nilai A.

***

“Saya, nama saya Doni. Yg terjadi adalah bahwa air tidak dapat terserap oleh element jenis kayu pak”

“Terimakasih Doni, tapi jawaban anda kurang tepat. Bagaimana dengan yg lain?”

***

“Saya, Ria. Yg terjadi adalah gaya gravitasi yg terjadi pada bumi sehingga aliran air merembes melalui permukaan pak!”

“Masih kurang tepat ya, terimakasih Ria tolong diperhatikan lagi ya apa yg terjadi disini!”

***

“Saya pak, Roni yg terjadi adalah massa air dalam gelas tumpah karena adanya energi yg dihasilkan dari campur tangan manusia sehingga jatuh dan kemudian mengalir, yg mana istilah ini disebut run off karena air tersebut tidak terserap oleh tanah, yg kemudian berdampak pada erosi”

“Wahh terimakasih Roni, jawaban anda sangat mengesankan namun patut diketahui bahwa aksi yg terjadi disini bahwa air yg tumpah ini terjadi di meja kayu, dan bukan merupakan bagian dari siklus air, jadi jawaban kamu kurang tepat.”

***

Setelah beberapa Mahasiswa yg menjawab namun masih dirasa kurang tepat, dan karena penasaran mahasiswa bertanya kepada Pak dosen, apa jawaban yg tepat?

***

“Jadi jawabannya simple saja ya, coba kalian perhatikan airnya!”
“Sesuai dengan sifat air maka jawaban dari UAS kali ini adalah tentang sifat air, air mengalir dari tempat yg tinggi ke tempat yg rendah”
“Demikianlah UAS kita hari ini terimakasi, tapi tetap saya akan mempertimbangkan jawaban kalian dan mengkaji lagi mana yg mendekati jawaban tersebut dan akan memberikan kalian tugas lagi demi menunjang hasil UAS kalian, sekian terimakasih”

Serentak seluruh kelas #guuubrrraaaaaaaaaaakkkk 🙂 penuh caci maki kesall dan kecewa melihat sang pak dosen melenggang dengan santai keluar ruangan.

_selesai_ 🙂

Nb : Diadaptaasi dari UAS Ilmu kealaman dasar

17 thoughts on “True Story: Yang Bisa Jawab Saya Kasi A

  1. untuk dosennya : Jika crita trsbt bnr2 trjadi ; metodenya bagus, tp akan lbih baik jika mmprtimbangkan prosedur yang fair dan brtanggung jwab, misalnya jwaban ‘sifat alamiah air’ trsbut sudah dituliskan trlbih dahulu ddlm wadah trtutup tp dpt diamati sluruh kelas. Jd tdk terkesan ‘ngeles’ & tdk mnibulkan keresahan dn kcurigaan bgi mhasiswa krna ini ttg prtnggungjwaban nilai
    *kritik demi kebaikan* 🙂

Tinggalkan Balasan

