Reinkarnasi atau Daur Ulang?

Hidup yang saya ketahui hanyalah satu kali, maka berbuat baiklah selagi hidup. Apakah benar seperti itu? ada kepercayaan yang mengatakan tentang ” Reinkarnasi ,” sedikit saya akan menjelaskan.

Reinkarnasi (dari bahasa Latin untuk “lahir kembali” atau “kelahiran semula”) atau t(um)itis, merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil perbuatannya terdahulu.

Terdapat dua aliran utama yaitu pertama,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan terus menerus lahir kembali. Kedua,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan berhenti lahir semula pada suatu ketika apabila mereka melakukan kebaikan yang mencukupi atau apabila mendapat kesadaran agung (Nirvana) atau menyatu dengan Tuhan (moksha). Agama Hindu menganut aliran yang kedua.

Nah apa sih yang melandasi pemikiran terhadap reinkarnasi tersebut? kepercayaan ini banyak dianut oleh beberapa kepercayaan, kepercayaan reinkarnasi ini dapat dijelaskan secara ilmu pengetahuan, bumi kita ini adalah dunia yang sempurna dan tak kurang akan suatu apa pun bahkan yang sudah mati pun tidak akan sia – sia. Kenapa bisa seperti itu? karena  makhluk hidup yang mati terproses bertahun – tahun bahkan berjuta tahun akan mengalami proses pelapukan dan penguraian dan akhirnya kembali menjadi unsur alam. Contoh binatang atau tumbuhan yang mati, dalam proses alam lama kelamaan dalam waktu yang tertentu akan hilang terurai kembali menjadi unsur alam dan kemudian dari sanalah muncul tumbuhan baru karena tanah tersebut menjadi subur, dan begitu pula dengan manusia yang mati terproses dan kembali menjadi unsur alam yang terserap dalam tanah, kemudian tumbuh rumput dimakan kambing dan kambing dimakan manusia. proses inilah yang kemudian menjadi landasan pemikiran tentang reinkarnasi, manusia percaya apabila habis waktu hidup seseorang namun jiwanya tidak, dan kemudian akan kembali ke alam dan menjelma menjadi makhluk hidup kembali walau dalam wujud yang berbeda.

Iklan

Menulis untuk Bahagia

yg extrovert silahkan menulis apa saja 🙂

Day Journal

Apa yang pertama muncul di benak ketika kata extrovert disebut?, atau, apakah selamanya introvert adalah orang pendiam dan sulit bersosialisasi?.

Terlalu banyak obrolan yang menurut saya, sudah sedemikian ‘menyesatkan’ ketika berbicara mengenai jenis kepribadian manusia. Introvert mungkin ya, lebih kalem, sementara extrovert senang menjadi pusat atensi di keramaian. Tapi ada yang selalu saja ‘kurang enak’ ketika berbicara mengenai kepribadian, bagaimana mengkategorikan manusia ke dalam kelompok-kelompok tertentu agar lebih mudah dipahami. Mungkin kedengarannya bagus.

Sayangnya manusia komplex, dan kita tidak cukup memahami manusia dengan sekadar mengkotak-kotakkan mereka. Manusia adalah akumulasi dan manusia itu rumit. 

Lihat pos aslinya 733 kata lagi

Prompt #13 : Bapak Pemilik Warung

Dok pribadi RinRin Indrianie

Lokasi kali ini bukanlah tempat kerja yang elit seperti biasa yang kami kunjungi, tempat yang padat dan terletak di pinggiran kota.

***

“Sudah siang, waktunya kita break sebentar, bagi yang mau makan siang atau sekedar santai silahkan!, kita mulai Baca lebih lanjut

Jingga

 

Ku seruput lagi pekat hitamnya caffein
Mereka yang tak terlihat membelai penutup tubuh pepohonan
Sayup – sayup belaian fajar memudar hilang
Tak kan lama lagi akan menjelang

Langit yang terbias biru perlahan menghilang
Sudah sejak sejam tadi aku memandang
Ku hisap senti demi senti, batang demi batang
Sungguh nikmat caffein dan nikotin disantap bersamaan

Lihat! senja akhirnya datang
Sungguh indah jingga terpampang sepanjang garis cakrawala
Sejam berlalu, jingga berganti hitam berseri bintang

Abiogenesis

Barusan habis ngobrak abrik buku bilogi anak tetangga sebelah, nemuin hal yg menarik buat ditulis tentang asal kehidupan dari benda mati #langsung pulang tanpa pamit 🙂  Dari statement ini apakah kalian percaya kehidupan itu berawal dari benda mati? atau ada yg bertanya mana lebih dulu ayam atau telur? sampai sekarang saya masih memikirkan hal ini.

Makhluk hidup yang pertama kali ada di bumi setelah pendinginan terjadi adalah Baca lebih lanjut

Tak Harus Cengeng

Halo sodara – sodara, how are you? I’m fine. How your life? fine, thanks. Whats’up bro? Great bro #nah ini apaaaa.. geje geje

Baiklah ternyata saya memang tidak lucu 🙂 hmm bagaimana ekspresi kalian jika sedang jatuh cinta? senang, sedih, berseri – seri, guling -guling, atau nangis, walah apaan tu nangis *aneh 🙂 kalau saya pasti salto – salto 🙂

Gimana kalu ekspresikan dengan musik? lagu apa yg kalian dengarkan ketika jatuh cinta? apakah berekspresi dengan musik melankolis yg mendayu – dayu? hehe tiaap orang beda kaaaaannn ?

Nah, kalo saya semuanya oke tapi lebih senang yg ceria, namanya juga fall in love gitu gak mau yang mendayu – dayu ahh merusak suasana aja, bahkan terkadang yg ngerock pun saya suka, berarti saya tegas bahwa saya memang jatuh cinta, lebih bersemangat. Bukan hanya dari lirik saja namun alunan musik itu penting.

Kita ambil contoh, sedang jatuh cinta tapi dengar musik yg mendayu – dayu, walaupun sedang jatuh cinta orang yg dengar pasti heran kenapa nggak ceria, apa ada jatuh cinta tapi sedih? yah mungkin ada juga semisal bertepuk sebelah tangan gitu, tapi akan makin tambah sedih ajja kalo dengar yg begituan, mending hepy usaha lagi, terkadang cewe kalo ditembak ulang dia akan merasa senang melihat ketekunan dan usaha kita, rasanya seperti disanjung dua kali, itu pendapat saya *cheerss 🙂

Cinta gak harus cengeng, begitulah yg ingin saya sampaikan, nikmatilah fitrah jatuh cinta dengan bahagia, cinta itu anugerah jangan dibawa melow coi kalo selow boleh – boleh aja. sip keep spirit bro 🙂

Rapid Fire Question

Anak ingusan yang sedang bermain dengan temannya, tiba – tiba dapat pertanyaan berantai estafet dari mak Nurusyainie yang diteruskan kepada tersangka alien seperti mas Yusrizal Ihya dan kemudian saya bocah kemarin sore yang nggak ngerti apa – apa akan berlari melanjutkan Rapid Fire Question ini langsung saja sang bocah menjawab ;

Pertanyaan Wajib:
1. Nambah atau ngurangin timbunan buku?

Lebih ingin Baca lebih lanjut